Monday 27 July 2015

Partikel De

 
  Sesuai yang telah saya janjikan, saya akan post pada hari ini untuk melanjutkan materi selanjutnya. Sebelumnya saya telah membahas tentang Partikel E, dan untuk kali ini saya akan membahas tentang Partikel De.

  Partikel De mempunyai banyak fungsi, tetapi yang akan saya bahas kali ini, hanya yang bersangkutan dengan partikel E saja ( biar nyambung :3 ). Jadi partikel De dapat di gunakan sebagai menunjukkan Kendaraan yang kita pakai ketika pergi. Contohnya Menggunakan mobil, menggunakan sepeda, dll. Simak Contoh berikut :3

- Kendaraan + で + K.Tempat + へ + K.Kerja Aktivitas Pergi
Berikut ini adalah contohnya :

- じてんしゃで がっこうへ いきます。
 Jitensha de gakkou e ikimasu.
 Pergi ke sekolah menggunakan sepeda.

- 飛行機で にほんへ きます。
 Hikouki de nihon e kimasu.
 Datang ke Jepang menggunakan pesawat terbang.

Atau juga bisa seperti ini.

- バイクで かえります。
 Baiku de kaerimasu.
 Pulang menggunakan sepeda motor.

Untuk Kalimat tanya, kita tinggal mengganti "Kendaraan" dengan kata "Nan".
- Nan + で + K.Tempat + へ + K.Kerja Aktivitas Pergi
Contohnya :
なんで がっこうへ いきますか。

  Ok seperti biasa simak percakapan di bawah ini :D
たなか : おはよう、やまださん。
やまだ : おはよう たなかさん。
たなか : きのう どこへ いきましたか。
やまだ : まちへ いきました。
たなか : なんで いきましたか。
やまだ : バスで いきましたよ。

  Cukup sampai sini materi yang saya sampai untuk kali ini, jika bermanfaat tolong di share :3
Sampai jumpa di materi selanjutnya :D
 

Partikel De Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ds

2 komentar

 
Copyright © 2018 Ilmu Instan | Powered by : Bagiinpoh - Blogger.
About/Privacy/Disclaimer/Sitemap/Terms