Saturday 13 June 2015

Partikel は



  Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang partikel wa (は).
Partikel ini biasa digunakan untuk menjelaskan suatu subjek, baik keterangannya maupun sifatnya.

- Subjek + は + keterangan
Berikut ini adalah contohnya :

- わたしは かわいいです。
 Watashi wa kawaii desu.
 Aku lucu/imut.

Pada contoh di atas watashi = saya, kawaii = lucu/imut.
Jadi contoh di atas menjelaskan bahwa subjek Lucu.
Masih belum mengerti ? saya akan kasih beberapa contoh lagi

- へやは きれいです。
 Heya wa kirei desu.
 Kamar yang bersih.
- あめは あまいです。
 Ame wa amai desu
 Permen manis
- 兄は あそんでいます。
 Ani wa asondeimasu.
 Kakak (laki-laki) sedang bermain.

  Saya berharap udah pada ngerti, tetapi jika tidak, boleh menanyakan kepada saya sampai mengerti.
Nah disini mungkin bagi yang belum tau akan sedikit kebingungan tentang partikel ini karena ditulis dengan huruf hiragana "ha". Jadi huruf hiragana "ha" ini juga digunakan sebagai partikel "wa" juga.
Mungkin ada yang bertanya :
"gimana cara ngebedain wa/ha pas baca atau nulis?"
Disini saya mempunyai beberapa tips untuk membedakannya, ini dia tips nya.
- Biasanya は dibaca ha bila tidak ada di ujung spasi.
  ちちは はたらきます。
  Chichi wa hatarakimasu.
- Lihat dari pola kalimat.
- Lihat dari segi arti.

  Pada minggu ini mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan. Jangan lupa tunggu lagi buat selanjutnya. Jadi teruslah kunjungi blog ini XD

Partikel は Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ds

2 komentar

jadi ngerti bahasa jepang nih haha
kunbal gan www.nguentenpon.blogspot.com

akwkawka sip" gan :D

 
Copyright © 2018 Ilmu Instan | Powered by : Bagiinpoh - Blogger.
About/Privacy/Disclaimer/Sitemap/Terms